Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Mengatasi hidung tersumbat pada si kecil memnag bisa membuat kita pusing sebagai orang tua. Apalagi jika bayi sudah tidak nyaman dan rewel terhadap sesak napas karena hidungnya tersumbat. Nah pada saat seperti inilah kita dituntut untuk tenang dan melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Jika hidung anak anda tersumbat, jangan selalu berpikiran jika banyak ingus yang menutupi hidung anak anda. Hidung tersumbat bisa juga terjadi karena adanya pembekakan pada saluran hidung. Pada tahun-tahun pertama, bayi memang rentan sekali terkena penyakit, khususnya pilek. Anda harus tahu bagai mana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, kuncinya anda tidak perlu panik.

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Segeralah pergi ke dokter jika kondisi hidung tersumbat pada bayi anda cukup parah. Sebelum pergi kedokter, cobalah untuk melakukan beberapa cara untuk mengurangi rasa sesak pada bayi anda. Cara yang pertama adalah menghisap langsung ingus yang menyumbat lubang pernapasan bayi anda. Isap menggunakan bantuan alat yang Bernama aspirator atau alat hisap cairan hidung, gunakan selang yang sesuai dengan ukuran hidung bayi anda dan lakukan secara perlahan.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikutnya jika anda tidak mempunyai alat aspirator, anda dapat menggunakan cara manual. Namun, cara seperti ini butuh ketelitian dan keberanian dari anda sendiri. Caranya adalah menghisap cairan yang ada di hidung anak anda dengan mulut anda sendiri, cara ini lebih baik ketimbang menggunakan mesin karena kita dapat merasakannya. Jika cairan pada hidung sangat kental, gunakan cairan pelarut cairan hidung yang anda bisa dapatkan di apotik. Selain itu, si kecil juga membutuhan banyak cairan pada saat seperti ini. Jika usia bayi anda sudah cukup untuk diberikan sup, berikanlah sup hangat untuk membuat badannya terasa nyaman dan tidak menggigil.

Untuk mencegah hidung tersumbat terjadi lagi, gunakan uap hangat. Bantulah sikecil untuk menghirup uap hangat agar pernafasannya kembali lancar. Cukup siapkan satu baskom berisi air hangat dan dekatkan kepada muka sikecil agar ia dapat menghirup uap panasnya. Pada tahun-tahun pertama memang merupakan tahun yang paling repot bagi para orang tua dalam mengurus anaknya, anda harus berhati-hati dan waspada karena si kecil rentan terkena flu apalagi di cuaca yang buruk. Sekian pembahasan kita mengenai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, semoga bisa menjadi referensi yang berguna.

Be Sociable, Share!