Langkah-langkah dan Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Setiap calon ibu wajib untuk mengetahui cara membersihkan botol susu bayi. Kebanyakan bayi yang baru lahir biasanya memang masih minum ASI dari sang ibu. Tetapi ada juga beberapa bayi yang tidak bisa jika harus minum ASI langsung dan harus menggunakan botol susu. Tentunya karena bayi masih rentan terhadap kuman dan bakteri, botol susu harus disterilisasi setiap kali akan digunakan dan setelah digunakan. Tujuannya agar kuman dan bakteri mati sehingga tidak menimbulkan penyakit pada bayi. Meskipun kelihatannya sepele, tetapi ibu tidak boleh sampai melewatkan untuk membersihkan botol susu bayi. Cara-caranya sebenarnya cukup sederhana. Jika anda merasa penasaran, berikut ini adalah cara-cara mudah membersihkan botol susu bayi.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Langkah pertama dalam cara membersihkan botol susu bayi adalah mencuci tangan anda terlebih dahulu. Gunakanlah sabun untuk mencuci tangan anda. Tentunya tangan anda harus bersih terlebih dahulu sebelum memulai proses mencuci botol susu si kecil. Kemudian, lepaskan seluruh bagian botol susu dan tuangkan sedikit cairan pembersih khusus ke tiap bagian botol susu. Untuk mempermudah proses pencucian, tambahkan sedikit air. Mulailah dengan membersihkan dasar botol susu menggunakan sikat halus dengan gerakan memutar. Kemudian bersihkan sisi dalam botol dengan menggerakkan sikat naik-turun. Lalu lanjutkan pada bagian bibir botol. Anda bisa juga menggunakan sikat kecil untuk menjangkau setiap celah tutup botol. Jika sudah selesai membersihkan bagian botol, anda bisa melanjutkan untuk membersihkan bagian gelang dot. Gunakan sikat kecil lagi untuk membersihkan seluruh bagian dari gelang dot, terutama bagian ulir di dalamnya yang kadang suka terlupakan. Lalu bersihkan dot dengan sikat yang sama. Pastikan tidak ada sisa susu yang tertinggal.

Beriktunya, cuci bagian tutup botol susu dengan menggunakan spon pembersih hingga bagian dalam. Lalu, bilas hingga bersih semua bagian botol yang telah diberi sabun dengan menggunakan air keran mengalir. Jangan membilas dengan cara merendam di dalam wadah karena kotoran justru akan menempel lagi. Jika proses mencuci sudah selesai, anda bisa melanjutkan ke proses pensterilan. Didihkan air dalam panci, lalu matikan api dan diamkan setiap bagian botol di dalam panci selama 15 menit. Agar lebih maksimal, gunakan air mineral sebagai rebusan. Terakhir, angkat botol susu dan keringkan dengan handuk bersih.

Be Sociable, Share!